Pusat Agrobisnis Indonesia
Email : Sandi :
Gabung GRATIS di Facebook Facebook dan Twitter Twitter untuk mendapatkan update-update terbaru
http://tokoagro.comhttp://pupukgdm.com
Melihat Kesibukan di Pabrik Mesin Tetas Keuntungan 20 Juta Untuk Mesin "Pencetak" Unggas
Melihat Kesibukan di Pabrik Mesin Tetas Keuntungan 20 Juta Untuk Mesin
Share
2013-04-16 16:04:10 | dibaca 3050 kali

Bicara masalah bisnis ternak unggas, tentu dimulai dari “pabrik”alat penghasil bibitnya. Usaha ini bisa dikerjakan siapa saja karena murah modalnya dan untungnya banyak. Kali ini Trans Agro menyambangi si pemilik usaha mesin tetas untuk melihat proses dan prospeknya


Sebenarnya, awal usaha ini dimulai dari beternak ayam. Sejak tahun 1900, Mudasir (almarhum) telah memiliki banyak unggas. Jaman dulu, be­ternak adalah suatu keharusan bagi penduduk desa. Lepas dari masalah untung, unggas adalah kelangenan. Jika ada yang sampai punya banyak, berarti waris (ber­bakat).

Suatu obsesi Mudasir saat itu adalah bisa membuat mesin tetas skala rumahan. Banyaknya unggas di rumah berarti banyak telur juga. Untuk dikonsumsi sendiri atau di­jual, rasanya sayang.

Sekitar tahun 1980, mesin tetas memang barang langka dan mahal. Hanya perusahaan besar yang memiliki alat tersebut. Peter­nak kecil hanya bisa menetaskan telur dengan cara alami, yaitu me­lalui induknya. Ini jelas memakan waktu lama dan hasilnya sedikit.

Beberapa taun kemudian, cita-cita Mudasir berhasil diwu­judkan bersama istrinya. Sebuah mesin tetas, melalui berbagai percobaan, berhasil diciptakan. Mudasir senang lantaran alat ini pasti bisa meningkatkan taraf hidupnya, juga masyarakat sekitar. Unggas bisa bebas mencari makan dan melakukan perkawinan tan­pa harus diganggu dengan proses pengeraman.

Saat Trans Agro berkunjung ke Temanggung, Jawa-Tengah, Yuli (39) menyambut dengan ramah. Anak kandung Almarhum Mudasir dan Siti Akomah ini menjelaskan tentang riwayat berdirinya pabrik mesin tetas tersebut. Saat ini, bisa dikatakan Yuli adalah penge­lola yang bertanggung jawab un­tuk usaha warisan dari almarhum bapaknya tersebut.

 

Penghargaan

 

Usaha yang dimulai tahun 1990 ini ternyata berkembang pesat dan memperoleh banyak sambutan serta penghargaan. Apalagi era tahun tersebut adalah era Suharto, yang memang ba­nyak menaruh perhatian pada usaha-usaha kre­atif mandiri rakyat kecil.

Dua penghargaan penting yang telah diterima pabrik mesin tetas ini adalah penghargaan dari Gubernur Jateng pada tahun 1993, dan Upakarti (perintisan industri kecil) dari Presiden tahun 1994.

Penghargaan tersebut secara tidak langsung adalah iklan bagi usaha Yuli ini. Otomatis, Presi­den serta pemerintah telah merekomendasikan produk mesin tetas ini. Yang terjadi, pesanan dari seluruh nusantara mulai mengalir. Mesin Tetas Yuli kini menjadi alat pencari uang yang handal bagi banyak orang yang menggantungkan hidup pada bisnis penetasan ini.


Sekilas Cara Pembuatan


Intinya, mesin tetas ini adalah inkubator yang akan membe­rikan suhu ruangan sama dengan suhu induk saat mengeram. Be­danya, telur yang bisa ditampung bisa sampai ratusan. Untuk mem­buatnya tidak sulit, hanya dibu­tuhkan kayu, triplexs atau multi­pleks dan kawat kasa.

Boks penetasan dirancang serapat mungkin agar panas ti­dak keluar kompartemen. Dengan demikian, telur bisa nyaman se­perti jika dierami induknya. Ruan­gan dalam mesin terdiri dari satu ruangan dengan tiga pembagian. Bagian plafon atau atas berfungsi untuk menempatkan bohlam pemanas.

Ditengah ruangan, di bawah lampu, terdapat rak yang dibuat dari kawat kasa. Ini berfungsi un­tuk menempatkan telur. Bagian bawah rak telur terdapat baskom, nampan berisi air. Air ini berguna untuk mempertahankan kelem­baban dalam ruangan mesin.

Untuk cadangan pemanas, pada bagian luar tampak cero­bong dari besi berwarna hitam. Saat listrik mati, lampu minyak pun menggantikan peranan. Jadi, tak ada alasan untuk gagal.


Banyak Pilihan Jenis dan Kapasitas

 

Mesin penetas telur ini dibuat untuk rakyat kecil. Oleh kare­na itu spesifikasinya pun macam-macam. Ada yang menggunakan tenaga listrik saja, atau dobel de­ngan lampu minyak. Untuk desa-desa pelosok, cadangan tenaga lampu minyak ini amat penting.

Untuk mesin yang mengguna­kan tenaga listrik saja, dinamakan AC. Sedangkan dengan dua tena­ga, yaitu listrik dan lampu minyak, dinamai AC-DC.

Untuk kapasitasnya, tersedia mulai kapasitas 30 sampai dengan 200 butir telur. Harga yang dita­warkan berkisar antara 200 sam­pai 400 ribu rupiah. Ukuran terse­but adalah untuk telur ayam dan itik. Untuk telur puyuh, tentu bisa muat lebih banyak.


Semua Telur

 

Telur apa saja yang bisa ditetaskan menggunakan alat ini? Jawabannya adalah semua. Mulai dari puyuh, ayam, itik, itik manila sampai kalkun dan soang. Be­berapa pemakai yang coba-coba mencampurkan beberapa telur angsa ke dalam mesinnya saat menetaskan ayam, ternyata berhasil juga. Yang membuat perbe­daan hanya waktunya.

 

Menghasilkan Penetas Sukses


Saat ini mesin tetas milik Yuli telah banyak dikaryakan para pelaku bisnis. Endro (24) adalah salah satunya (lihat Trans Agro edisi 19). Selain memiliki puluhan unit di rumahnya, Endro juga me­minjamkan beberapa mesin te­tas ke teman-temannya. Jika bisa mengelola, banyak sekali keun­tungannya. Setelah menjual anak unggas betina, anak unggas jantan bisa dipelihara sendiri. Saat bo­botnya telah memenuhi standar, jual saja sebagai unggas potong. Sebagian unggas jantan dipelihara untuk digunakan sebagai pejan­tan.


Tekun Berusaha, Laba Besar

 

Tiap minggu, Yuli berhasil mem­produksi 60 unit mesin tetas. Setiap bulan berarti 240 unit. Laba yang diterima adalah sekitar 20% dari harga mesin. Ini berarti laba bersihnya sekitar 20 juta rupiah. Keuntungan yang setimpal dengan kerja keras.

Selain memasarkan sendiri, Yuli juga mempunyai beberapa agen di kota-kota besar. Hal ini tentu saja memudahkan pembeli yang berada jauh dari pabrik pro­dusen mesin ini.

Beberapa agen mesin penetas ini bahkan merupakan sebuah PT besar yang memang sengaja ikut memasarkan karena telah menge­tahui kualitas barangnya.

Untuk bisa menjadi peternak unggas seperti ayam kampung dan itik, alat ini wajib dimiliki. Jangan hanya mengandalkan induk. Salah satu keuntungan mesin tetas ini, bisa memuat banyak telur. Selain itu, si induk juga biasanya lekas bertelur lagi. •

Komentar

ramuan obat69
jual obat kuat,obat pembesar penis,alat bantu sex pria wanita,kosmetik hub 081214654878 bb 79bdbe0 dklik http//vimaxobatkuat.com

Jan 05, 2015 - 11:01

Tulis komentar anda di sini..
Submit
Daftar Member Gratis
Jumlah post : 3044
Jumlah member : 3353
Facebook
Twitter
News
Beta Testing PusatAgro.com
2012-04-29 17:44:51

Per tanggal 01-12-2011 kami meluncurkan website PusatAgro.com (Beta)

Kami akan mengecek system kami, jika ada bug (error) yang dijumpai silakan kabari kami.



 

Copyright © 2011 PusatAgro.com, All Rights Reserved.